Apa itu Digital Marketing 360 Derajat?

Feb 12, 2025 6 menit waktu baca

Tampaknya selalu ada saja konsep baru dalam dunia pemasaran, dan pendekatan pemasaran 360 derajat (atau yang dikenal sebagai 360 Marketing atau 360 Degree Marketing) adalah salah satu strategi yang merupakan evolusi strategi pemasaran sebelumnya, seperti pemasaran multi-saluran (multi-channel marketing).

Apa yang berbeda kali ini? Apakah 360 Marketing (atau bahkan 360 Digital Marketing) sejalan dengan tujuan inti dari setiap strategi pemasaran?

Singkatnya, Apa Itu Pendekatan ?360 Degree Marketing??

Sama seperti pemasaran multi-saluran, tujuan 360 Marketing adalah untuk menampilkan merek seolah-olah ia berada di mana-mana dalam dunia target pelanggan.

Satu-satunya perbedaan antara mereka adalah bahwa pemasaran multi-saluran tidak mengharuskan semua saluran untuk membuat pengalaman pelanggan yang konsisten. Tidak hanya semata menyebarkan pesan melalui cara yang beragam, 360 Marketing juga menawarkan pengalaman pelanggan yang konsisten dalam setiap metode komunikasi.

Pendekatan 360 Marketing identik dengan pemasaran omnichannel, namun kami tidak akan menggunakan istilah ini demi menyederhanakan konsep yang ingin kami sampaikan.

Manfaat 360 Marketing

Sebuah perusahaan dapat memilih untuk memusatkan usahanya pada, contohnya, kampanye iklan TV, menghasilkan beberapa iklan yang sangat berkesan dan tidak mudah terlupakan, namun tidak muncul di tempat lain, seperti di papan reklame atau iklan transit.

Sedangkan, ada perusahaan yang lain yang memilih untuk meratakan anggaran pada berbagai macam saluran, seperti iklan koran, majalah, papan reklame, website, media sosial, blogger pihak ketiga, dst. Ia juga akan lebih berupaya pada salah satu satu media iklan untuk mengalahkan pesaing.

Perusahaan pertama bisa menciptakan keramaian (buzz) yang mungkin bisa bertahan sepanjang siklus hidup kampanye. Namun ini merupakan pilihan yang berisiko bagi kebanyakan bisnis. Perusahaan kedua mungkin akan bersaing dengan banyak pesaing dengan menggunakan pendekatan yang serupa, tapi bahkan jika kampanye terbukti gagal total, perusahaan setidaknya dapat membawa pulang sesuatu yang berharga, yaitu data pemasaran.

360 Marketing menurunkan risiko kegagalan kampanye dan mendapatkan gambaran umum yang lebih komprehensif tentang data pemasaran.

 Channel Strategi 360 Marketing

1. Above The Line

Strategi pemasaran 360 derajat mengintegrasikan berbagai saluran pemasaran untuk menyampaikan pesan yang konsisten kepada audiens. Tiga pendekatan utama dalam strategi ini adalah:

  • Iklan televisi dan radio

  • Media cetak seperti koran dan majalah

  • Billboard dan iklan luar ruang lainnya

  • Sponsorship acara besar

Tujuan utama ATL untuk membangun kesadaran merek (brand awareness) dan memperkuat citra merek di benak konsumen. Meskipun biaya yang dikeluarkan cukup besar, pendekatan ini efektif untuk menjangkau audiens dalam skala nasional atau global.

2. Below The Line

BTL adalah strategi pemasaran yang lebih terfokus dan personal, ditujukan untuk segmen audiens tertentu. Metode yang digunakan antara lain:

  • Promosi langsung (direct mail)

  • Email marketing

  • Pameran dan event promosi

  • Kupon diskon dan sampling produk

BTL efektif untuk mendorong interaksi langsung dengan konsumen dan meningkatkan konversi penjualan. Pendekatan ini memungkinkan perusahaan untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan.

3. Through The Line

TTL menggabungkan elemen dari ATL dan BTL untuk menciptakan kampanye pemasaran yang terintegrasi. Pendekatan ini memanfaatkan saluran digital dan tradisional secara bersamaan, seperti:

  • Iklan di media sosial dan mesin pencari

  • Email marketing yang dipersonalisasi

  • Acara peluncuran produk yang disiarkan secara langsung

  • Kampanye influencer dan konten bersponsor

TTL memungkinkan perusahaan untuk menjangkau audiens yang lebih luas sekaligus membangun hubungan yang lebih personal dengan konsumen. Pendekatan ini sangat efektif dalam menciptakan pengalaman merek yang konsisten di berbagai titik kontak.

Pengunaan Strategi 360 Marketing

Strategi pemasaran 360 derajat dapat diterapkan dalam berbagai situasi untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. Berikut adalah beberapa contoh penggunaannya:

1. Brand Positioning

Saat memperkenalkan merek baru atau memasuki pasar yang kompetitif, strategi 360 marketing membantu dalam membangun posisi merek yang kuat di benak konsumen. Dengan menyampaikan pesan yang konsisten melalui berbagai saluran, perusahaan dapat menonjolkan keunikan dan nilai tambah produknya dibandingkan pesaing.

2. Rebranding

Ketika perusahaan ingin mengubah citra mereknya, strategi 360 marketing memungkinkan penyampaian pesan rebranding secara menyeluruh dan konsisten. Melalui kombinasi ATL, BTL, dan TTL, perusahaan dapat menjelaskan alasan di balik perubahan tersebut dan membangun kembali kepercayaan konsumen.

3. Introduction New Products or Services

Meluncurkan produk atau layanan baru memerlukan strategi pemasaran yang menyeluruh untuk menciptakan antusiasme dan minat konsumen. Dengan memanfaatkan berbagai saluran pemasaran, perusahaan dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan mendorong adopsi produk baru secara efektif.

4. Prioritize Campaign

Dalam situasi di mana perusahaan memiliki beberapa kampanye pemasaran, strategi 360 marketing membantu dalam menentukan prioritas dan alokasi sumber daya yang optimal. Dengan analisis data dari berbagai saluran, perusahaan dapat mengidentifikasi kampanye yang paling efektif dan fokus pada aktivitas yang memberikan hasil terbaik.

5. Revive Less Performed Products

Produk yang mengalami penurunan penjualan dapat dihidupkan kembali melalui strategi 360 marketing. Dengan pendekatan yang terintegrasi, perusahaan dapat memperbarui citra produk, menargetkan audiens baru, dan meningkatkan kesadaran serta minat konsumen terhadap produk tersebut.

Apa Yang Membedakan 360 Digital Marketing Dari Pemasaran Biasa?

Pendekatan pemasaran digital 360 derajat tampaknya memiliki subkategori khusus tersendiri karena keahlian digital dalam bidang pemasaran sangat mendalam. Perbedaan antara 360 Marketing dan 360 Digital Marketing berada pada tingkat kelimpahan data yang bisa diperoleh dengan cepat, dan bisa juga diolah dengan berbagai macam teknologi data analitik masa kini.

Otomatisasi pengumpulan, analisis, dan respons data berdasarkan algoritma dalam pemasaran digital memungkinkan Anda untuk menyatukan atau menghubungkan berbagai saluran pemasaran. Ini memungkinkan merek Anda muncul di depan pelanggan Anda dalam dunia digitalnya.

Misalkan Anda memiliki toko e-commerce, dan tujuan akhir Anda tentu saja untuk meningkatkan penjualan. Dari alat analisis website, Anda melihat bahwa sebagian besar lalu lintas berasal dari penelusuran (search engine), tetapi sebagian besar konversi berasal dari pengunjung yang datang melalui pencarian situs langsung (direct search) dan media sosial

Ini menandakan bahwa sudah ada kesadaran merek yang cukup tinggi karena Anda dapat menarik pengunjung ke blog dalam situs Anda. Artinya, kinerja SEO Anda cukup hebat. Untuk meningkatkan konversi dari lalu lintas ini, coba bawa pengunjung kembali ke situs web Anda melalui pemasaran email dan membuat iklan media sosial yang dapat membawa lebih banyak pengunjung ke arah situs.

Dari sudut pandang media sosial, Anda juga dapat meningkatkan jumlah pengikut (followers) Anda dengan mempromosikan konten terbaik dan/atau membuat iklan baru yang mengarahkan pemirsa ke halaman media sosial Anda atau langsung ke situs web.

Siapkan sistem sehingga pengunjung yang meninggalkan keranjang setelah beberapa hari diingatkan melalui email atau kampanye pemasaran ulang (remarketing campaign) dengan iklan bergambar atau iklan media sosial.

Setiap Saluran Terhubung

Pemasaran saat ini telah berkembang menjadi lebih dari sekadar penyebaran iklan melalui berbagai saluran. Dalam era digital yang terhubung, strategi pemasaran yang komprehensif sangat penting. Juicebox adalah agensi digital marketing yang menyediakan pendekatan 360 derajat, meliputi strategi pemasaran digital yang terintegrasi, optimasi mesin pencari, manajemen media sosial, pembuatan konten yang menarik, dan analisis data yang mendalam.

Dengan pendekatan ini, kami membantu bisnis Anda mencapai visibilitas maksimal, mencapai target audiens, dan mengoptimalkan ROI Anda. Tingkatkan pemasaran Anda dengan Juicebox, mitra terpercaya dalam jasa digital marketing.