Belanja online menjadi hobi favorit orang-orang di seluruh dunia. Ini menjadi semakin terlihat ketika orang-orang di seluruh dunia terpaksa tetap di rumah dalam upaya karantina mandiri. Kami akan membahas tindakan-tindakan kecil yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pengalaman online bagi pelanggan Anda.
Pertama, luangkan waktu sejenak untuk membayangkan posisi pelanggan Anda. Tinggal di rumah berarti mengandalkan Internet untuk mencari hiburan, informasi, belanja, dan berbagi cerita dengan orang lain. Jika website Anda dapat menyediakan setidaknya satu dari layanan ini, website Anda kemungkinan akan menerima banyak pengunjung karena orang-orang menganggap website Anda sangat berguna.
Berikut adalah empat langkah yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan pengalaman online pelanggan Anda:
1. Tetaplah Konsisten Dengan Kepribadian Merek Anda
Aturan pertama dalam branding adalah bahwa merek Anda harus unik. Aturan kedua dari branding adalah bahwa ia harus tetap konsisten. Kepribadian merek (brand personality) sering dianggap remeh, menjadi sesuatu yang hanya dipikirkan secara intuitif. Namun, jika Anda memformalkan hal ini, Anda dapat memberi standar kepada merek bisnis Anda agar dapat menghindari kesalahan desain, dan melindungi merek Anda dari para peniru. Jika Anda ingin strategi branding yang terstruktur, kami siap membantu dengan proses startegi branding.
Bayangkan merek Anda sebagai pribadi seseorang. Apa yang orang ini percayai, dan kepada siapa orang ini ingin menyebarkan pesan-pesannya? Bagaimana cara orang ini berkomunikasi? Konsistensi dalam branding mencerminkan kualitas bisnis dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.
2. Carilah Seorang Ahli Untuk Merancang UI Website Untuk Anda
Mendesain bukanlah tugas yang mudah. Ini tidak sesederhana menggunakan alat desain grafis, atau bisa menulis dengan bagus. Bisnis telah menghabiskan banyak sumber daya kepada jasa desainer karena desain UX/UI adalah perwujudan nyata atau implementasi dari sebuah branding plan.
Tim desainer dan penulis berbakat akan menghasilkan karya yang berkualitas tinggi. Bisnis yang tidak menghargai pentingnya desain akan melihat hasil berkualitas yang rendah, yang berpotensi merusak merek itu sendiri. Jangan ragu untuk mengizinkan para ahli untuk merancang website untuk Anda.
3. Buatlah Agar Pengunjung Anda Dapat Menavigasi Situs Dengan Mudah
Desainer yang tidak berpengalaman akan mencoba memperumit desain situs, seperti dengan menambahkan struktur menu mewah yang mungkin tidak dapat digunakan oleh semua pengunjung. Sebaliknya, seorang desainer yang berpengalaman telah mencoba dan menguji ratusan desain situs untuk dapat memberikan pengalaman pelanggan yang terbaik.
Kesederhanaan bukanlah desain yang 'gampang'. Sebaliknya, kesederhanaan membutuhkan disiplin dan banyak percobaan untuk menentukan apa yang terbaik bagi pelanggan.
4. Website Anda Harus Menjawab Pertanyaan Dengan Cepat
Pengunjung datang ke website Anda karena berbagai alasan. Website yang hebat memiliki semua sumber informasi dan fitur-fitur untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka dengan cepat. Mengapa kecepatan merupakan faktor penting? Karena website lain juga mampu memberikan kemudahan untuk pelanggan Anda, maka website Anda harus mampu bersaing.
Jika Anda menjalankan toko e-commerce, fitur pencarian harus berfungsi dengan baik. Menu dan submenu harus intuitif dan tidak membutuhkan lebih dari tiga kunjungan halaman untuk menemukan produk yang mereka cari. Fitur live chat juga harus ada jika pengunjung ingin berbicara dengan Anda atau perwakilan penjualan Anda secara langsung.
Blog Anda juga merupakan gudang informasi yang berkaitan dengan produk And dan perlu mencakup topik yang berhubungan dengan masalah pelanggan.
Apakah Website Anda Memerlukan Desain Ulang?
Sebagai pemilik website, akan sulit untuk menjawab pertanyaan ini secara objektif. Itulah mengapa review website oleh pakar digital marketing perlu dilakukan untuk mengevaluasi kinerja website dengan akurat.
Segera tingkatkan visibilitas bisnis anda di dunia digital dengan jasa digital marketing yang terpercaya seperti Juicebox. Juicebox adalah agensi digital marketing yang berbasis di Jakarta dan Bali. Island media menyediakan berbagai jasa digital marketing seperti jasa SEO (Search Engine Optimization), jasa Search Ads seperti Google Ads, jasa sosial media ads seperti Facebook Ads, sampai jasa copywriting seperti jasa pembuatan artikel. Hubungi kami untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan ahli digital marketing.